N-Gain vs Stacking: Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest

Buku ini disusun dengan tujuan utama untuk membantu mahasiswa yang sedang berproses menyusun tugas akhirnya. Fokus utama buku ini adalah memberikan panduan analisis statistik terkait perubahan kemampuan (hasil belajar) siswa. Dengan penjelasan yang sistematis dan praktis, diharapkan pembaca mampu menguasai konsep-konsep analisis yang disajikan.

Isi buku ini mencakup dua pendekatan teori tes yang penting, yaitu teori tes klasik dan teori tes modern. Pendekatan teori tes klasik dijelaskan melalui teknik N-Gain, sementara teori tes modern dibahas melalui teknik stacking. Mahasiswa akan dibimbing langkah demi langkah dalam melakukan analisis perubahan kemampuan siswa menggunakan kedua pendekatan tersebut. Lebih dari itu, buku ini juga memberikan panduan dalam menginterpretasikan hasil analisis agar memperoleh pemahaman yang mendalam.